Galileo menemukan fakta bahwa bumi bulat?

Gambar Galileo Bumi Bulat Gambar Galileo Bumi Bulat

Tidak Hanya Penganut Bumi Datar Saja yang Pernah Salah dalam Memahami Bumi

Pada era dulu, para penganut bumi datar menghina dan mengejek beberapa teori bumi bulat, menyebabkan sejarah kelam dan salah pada masa lalu. Bahkan pada era saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa memang masih ada penganut bumi datar. Namun tahukah anda, dulu seorang astronom bernama Galileo adalah orang pertama yang mengalami penghinaan dikarenakan teorinya yang menyatakan bahwa Bumi adalah Bulat.

Galileo sendiri merupakan astronom berkebangsaan Italia. Pada saat itu, Gereja memegang kuasa penuh dalam hal apapun. Apapun yang dikatakan gereja bersifat absolut. Pada saat ini, faham yang diberikan oleh gereja adalah faham geosentris dari Aristotele dimana bumi merupakan pusat dari alam semesta. dimana semua objek di alam semesta mengelilingi bumi. Adapun faham lain yang tak kalah besarnya adalah faham heliocentrism, dimana semua objek di alam semesta termasuk bumi berputar pada orbit matahari.

Singkat cerita, setelah Galileo melakukan beberapa riset matematika dan poros bumi, Galileo menyadari bahwa bumi berbentuk hampir seperti bentuk bola / spherical. Hal ini tentunya dibantah oleh pihak gereja. Galileo kemudian dihakimi dan dianggap menantang alkitab dan gereja. Galileo kemudian meninggal tahun 8 Januari 1642 di usia 77 tahun. Setelah gereja kemudia mengangkat kembali penelitian Galileo dengan teorinya, banyak hal yang telah dikatakan oleh Galileo terbukti kebenarannya, termasuk bentuk bumi serta beberapa teori yang pernah disangkah sebelumnya.