3 Hambatan Bisnis Online Ini Pasti Akan Anda Temui Saat Masih Pemula

Hambatan Bisnis Online Hambatan Bisnis Online

Teknik Pencak Silat, Olahraga Bela Diri Asli Dari Indonesia

Kini, mulai banyak atlet yang mulai mempelajari teknik pencak silat. Ya, pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga bela diri yang berasal dari Indonesia. Secara gerakan, tentu pencak silat berbeda dengan olahraga bela diri lainnya, seperti wushu atau karate.

Meskipun pencak silat masih belum diperlombakan untuk event-event kejuaraan besar, seperti olimpiade. Namun, pencak silat ini telah dipertandingkan untuk beberapa event kejuaraan sekelas Asian Games.

Untuk menjadi seorang atlet profesional, kamu harus paham bagaimana teknik dasar dalam dunia pencak silat. Mengingat, gerakan pencak silat ini cukup rumit. Maka, ada beberapa step by step yang harus dikuasai.

Mulai dari teknik kuda-kuda, teknik menendang, hingga menguasai jurus untuk melumpuhkan lawan dalam event kejuaraan. Untuk itu, kuasai semua teknik gerakan pencak silat agar dapat mengalahkan para lawan di event kejuaraan nasional hingga internasional.

Daftar Teknik Pencak Silat yang Wajib Dikuasai oleh Para Atlet

Untuk menjadi atlet pencak silat profesional, maka kamu harus menguasai beberapa teknik. Ada banyak teknik yang menjadi senjata dalam perlombaan. Maka dari itu, ini dia daftar teknik dalam dunia pencak silat yang wajib dipelajari dan dikuasai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Teknik Kuda-Kuda

Sebelum bertanding, kamu harus paham bagaimana cara memasang kuda-kuda dengan benar. Kuda-kuda ini berguna untuk mengatur keseimbangan tubuh yang bersiap menghadapi serangan lawan. Alhasil, kamu tidak mudah jatuh ketika diserang lawan.

  1. Teknik Melangkah

Teknik selanjutnya yakni menentukan langkah ketika menyerang dan bertahan. Kamu harus paham betul ke arah mana akan menyerang. Sehingga, kamu dapat memperkirakan cara menangkis dan bertahan.

Selain itu, kamu juga harus memprediksi kemana lawan akan bergerak ketika melancarkan pukulan. Teknik ini sangat penting untuk dipelajari atlet profesional.

  1. Teknik Pukulan

Kamu juga wajib menguasai teknik pukulan. Memukul adalah salah satu teknik pencak silat yang harus dipelajari sejak dini. Ada berbagai jenis jurus pencak silat yang berdasar pada pukulan.

Sehingga, kamu harus berlatih memukul setiap hari agar menemukan jurus yang diajarkan oleh guru pencak silat.

  1. Teknik Menangkis

Sebagai salah satu cara bertahan dari serangan lawan, maka kamu harus mempelajari teknik menangkis. Menangkis serangan lawan ini memang cukup sulit. Mengingat kamu harus tahu jurus pukulan yang digunakan lawan.

Kombinasikan dengan teknik melangkah agar kamu bisa tetap bertahan dari serangan lawan yang bertubi-tubi. Selain itu, kamu bisa menyerang balik lawan agar dapat mengalahkannya.

Tips Mengasah Kemampuan Teknik Pencak Silat

Untuk menjadi seorang atlet profesional, maka kamu harus berlatih dengan gigih agar dapat memenangkan semua kejuaraan yang diikuti. Ada beberapa tips yang harus kamu lakukan guna meningkatkan kemampuan bela diri pencak silat.

Tips pertama, kamu harus mengikuti semua arahan-arahan dari guru pencak silat. Kamu harus paham betul semua teknik dan jurus yang diajarkan. Sebab, atlet pencak silat profesional harus menguasai semua teknik serta jurus pencak silat dari semua aliran.

Jadi, kamu wajib mempelajarinya agar dapat mengalahkan lawan ketika mengikuti event atau kejuaraan tertentu. Tips kedua, kamu wajib melakukan latih tanding dengan atlet lain untuk mengukur kemampuan teknik dan jurus yang dikuasai.

Pastikan lawan latih tanding ini yang sepadan dengan kemampuan kamu. Sehingga kamu dapat melakukan evaluasi secara mandiri setelah latih tanding dengan lawan. Jika kamu merasa siap, maka kamu dapat mengikuti kejuaraan pencak silat secara nasional atau bahkan kelas internasional.

Pencak silat merupakan salah satu jenis olahraga bela diri asli dari Indonesia. Pencak Silat ini mulai diperlombakan dalam kejuaraan nasional hingga internasional. Sebagai atlet profesional, kamu harus menguasai tips dan teknik pencak silat agar dapat mengalahkan para lawan.